Mengenal Jenis Asuransi Mobil, dan Contohnya!

Asuransi hadir untuk menjamin aset Anda bisa terlindungi dari berbagai resiko seperti kehilangan, kerusakan, sakit, dan lain sebagainya. Sama halnya manusia, harta benda pun harus diasuransikan karena ada suatu kondisi dimana kita tidak bisa menjamin keselamatan kendaraan. Pada ulasan kali ini akan dibahas secara khusus tentang jenis asuransi mobil.

Secara umum, asuransi merupakan perjanjian antara kedua pihak dalam hal pemberian ganti rugi finansial  terhadap nasabah oleh perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang sudah dipenuhi sebelumnya. Saat ini ada berbagai jenis asuransi, salah satu yang banyak dicari adalah asuransi kendaraan.

Jenis asuransi mobil dinilai sangat penting karena mampu melindungi nasabah dari resiko atas kejadian yang menimpa diri dan kendaraan yang telah diasuransikan. Jenis asuransi satu ini mencakup risiko kehilangan maupun kerusakan total dari kendaraan.

Secara umum, jenis asuransi mobil dibagi menjadi dua. Untuk penjelasan lebih lengkap nya sebagai berikut:

1.     All Risk

Jenis yang pertama ini merupakan asuransi yang akan membayar klaim untuk keseluruhan jenis kerusakan. Maksudnya, pihak perusahaan akan membayar semua jenis kerusakan yang terjadi pada kendaraan anda, mulai dari kerusakan ringan, sedang, hingga berat serta insiden kehilangan. Dengan banyak pembiayaan itu, asuransi satu ini memang pembiayaannya lebih mahal.

Sebelum Anda mengurusi asuransi jenis ini, pastikan untuk melakukan riset atau mencari informasi terlebih dulu tentang jenis asuransi mobil agar Anda tidak salah pilih. Bukan hanya jenisnya, perusahaan asuransi all risk juga harus Anda bandingkan agar bisa memilih yang terbaik.

2.      Total Loss Only (TLO)

Merupakan jenis asuransi mobil yang bisa Anda lakukan jika terjadi kehilangan total. Secara sederhana, jenis asuransi satu ini hanya bisa diajukan jika Anda sebagai pemilik kendaraan  kehilangan mobil pribadi. Maksud dari kehilangan total disini yakni jika mobil mengalami kerusakan di atas 75% atau hilang karena pencurian serta perampasan.

Adapun jika kerusakan yang dialami di bawah 75%, maka Anda tidak bisa mendapatkan ganti rugi atas kerusakan tersebut meski demikian, premi asuransi TLO ini lebih  rendah jika dibandingkan dengan asuransi all risk.

Itulah beberapa jenis asuransi mobil yang dikenal dan banyak digunakan. Pentingnya melakukan konsultasi terhadap asuransi yang akan digunakan bisa membantu Anda dalam melindungi kendaraan dari kondisi yang tidak diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *